Jumat, 25 Januari 2013

Tips Cermat memilih Pelayanan Courier DDU or DDP

Banyak yang terkecoh dengan pelayanan Pengiriman barang yang sedikit orang tidak memahaminya, maka dengan ini saya akan coba menjelaskan prosedur pengiriman baik melalui laut ataupun Udara apa itu pengiriman DDP dan DDU.


DDU (Delivery Duty Unpaid) kadang sering salah diartikan sebagai pelayanan door to door atau desk to desk. Padahal, perusahaan International express memiliki service adalah DDP (Duty Unpaid) atau kepanjangan dari Delivery Duty Paid. DDU (arti : barang memang sampai di negara tujuan, namun bukan kewajiban international express untuk melakukan delivery sampai tempat tujuan atau consignee. Jadi DDU tidaklah sama dengan pelayanan yang diberikan oleh international Express.

Sedangkan DDP (duty unpaid), dimana semua proses adalah door to door (desk to desk) hanya saja, apabila ada duty (bea masuk) di negara tujuan adalah tidak termasuk dalam biaya yang ditawarkannya. Kenapa? karena memang perhitungan duty di setiap negara berbeda-beda dan tidak bisa dilakukan perhitungan yang fix. Duty atau bea masuk ini adalah menjadi tanggung jawab dari si penerima barang sebagai wajib pajak atas barang impor yang dia lakukan kepada instansi di negaranya.

Tentunya tidak semua komoditi akan terkena duty - seperti dokumen. Untuk paket, beberapa negara menetapkan kondisi FREE DUTY yang berbeda,



dimana seperti di indonesia, apabila anda menerima paket dengan kondisi berat dibawah 20 Kgs dan Nilai barang dibawah USD 50.00, maka anda tidak akan dikenakan duty atau bea masuk. Singapore, menerapkan batasan value barang tidak melebihi SGD 400.00, apabila lebih, maka dia akan terkena GST sebesar 7% (saat ini) dari nilai barang. Negara seperti India, bangladesh, srilangka mungkin sedikit unik, kadang nilai barang yang kecil , ambillah USD 10.00 tapi masih dikenakan duty dengan angka diatas USD 10.00.

Waktu pengiriman atau lead time dari perusahaan international courier sebenarnya sangat tergantung juga pada proses kepabeanan atau pembayaran duty di negara tujuan. Apabila pengiriman dari Indonesia ke Negara lain tertulis lead time 2 hari, maka dua hari itu adalah waktu perusahan international express melakukan pengambilan dan penghantaran barang, tanpa ada proses kepabeanan dan pemabayaran duty di tujuan.

Hal ini terkadang sering luput di pemahaman para pengguna jasa International express courier - dimana selalunya akan berpatokan pada lead time yang tertulis pada penawaran atau price list. Jadi, tidak salah apabila penyedia jasa menjelaskan hal ini atau calon pengguna jasa juga menanyakan hal ini.

Smoga bermanfaat...

4 komentar:

  1. gan, koq bolak-balik. DDP (di tulisnya DDU). lagi galau yah.

    BalasHapus
  2. Bikin BINGUNG aja: Padahal, perusahaan International express memiliki service adalah DDP (Duty Unpaid) atau kepanjangan dari Delivery Duty Paid.
    Sedangkan DDP (duty unpaid), dimana semua proses adalah door to door (desk to desk)

    BalasHapus
  3. Dear Customer,
    PT. Sempurna Jaya Gemilang Indonesia, adalah perusahaan yang bergerak di bidang Pengiriman Barang & Logistik,
    yang berdiri sejak tahun 2011, di Jakarta yang mencakup wilayah di SELURUH DUNIA & SELURUH INDONESIA.

    PT. Sempurna Jaya Gemilang Indonesia tergabung dalam Asosiasi Internasional WCA dengan keagenan 5257 yang sangat profesional di 190 negara dan 745 kota di dunia.

    Jasa Layanan:
    1. Ekspor & Impor (Internasional Seluruh Dunia)
    * Door to Door (Borongan) / Door to Door (Resmi)
    * Pengiriman Udara
    * Pengiriman Laut

    2. Domestik
    * Pengiriman Udara
    * Pengiriman Laut
    * Pengiriman Darat
    * Pengiriman Kereta Api
    3. Inklaring
    4. Pergudangan
    5. Barang-barang proyek
    6. Sewa Kapal / Broker Kapal

    Pelayanan Khusus untuk perusahaan sbb :
    . Proyek Migas
    . Kontrakor Tambang Mineral & Batubara
    . Pabrik-parbrik
    . Perkebunan
    . Pembangkit Listrik
    . Telekomunikasi
    . Perawatan kapal
    Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman silahkan menghubungi kita kapan saja di .(w/a: 0895 2072 8566)
    Best Regard's

    Thamzil Feriansyah
    (Import & Export For Sea/Air Divison)
    Jl.Raya Raden Inten No.85E lt.2,Jakarta timur 13440
    Tlp : +62 21 - 2284 6522 ( Hunting )2284 6669
    Fax : +62 21 - 2284 6669
    Mbl : +62 822 9843 5499 / 0813 3338 8735
    W/A : +62 895 2072 8566
    Bbm : 29739eee / 2b132e63

    BalasHapus